Random Talks: Wisata Ter-Jeges di Medan Buat Tak Ingin Pulang

11:22 PM


Jeges dalam bahasa Batak artinya cantik, elok, manis, atau rapi. Jeges ini bisa menggambarkan untuk seseorang, keadaan, ataupun tempat. Berbicara mengenai tempat, objek wisata di Medan memiliki pesona yang memikat untuk menarik wisatawan lokal dan mancanegara. Bahkan, selain Danau Toba dan Samosir masih ada banyak tempat wisata yang patut dikunjungi. Apalagi, alternatif transportasi menuju Medan pun beragam. Sehingga kapanpun kita bisa mengunjunginya. Namun, jika ingin lebih efektif dari segi waktu, pesawat masih nomor satu. Maskapai yang menyediakan penerbangan langsung ke Medan beberapa di antaranya Garuda Indonesia dan Sriwijaya.

Lalu, apa saja saja objek wisata jeges di Medan selain Danau Toba dan Samosir, berikut ini ulasannya:

  1. Taman Alam Lumbini
source: google


Objek wisata yang satu ini dapat digolongkan jeges karena berada di wilayah yang sejuk dan dingin. Masih banyak lagi alasannya karena kalian tidak akan dipungut biaya sama sekali untuk tiket masuk. Alasan terakhir dan yang paling utama di daerah Brastagi Medan ini terdapat sebuah pagoda tertinggi di Indonesia yang dinamakan Taman Alam Lumbini. Bangunan dari Taman Alam Lumbini merupakan replika pagoda emas Yangon yang berhasil mendapatkan predikat replika pagoda terbesar kedua di Asia Tenggara. 

Saat datang kalian akan disambut megahnya pagoda dengan warna cat emas serta ukiran relief-relief dan berbagai patung Budha. Suara-suara lonceng yang jumlahnya puluhan di puncak pagoda pun begitu berdentang meriah saat tertiup angin seolah menyambut para tamu yang akan beribadah ataupun sekedar mengunjungi.  Megahnya Taman Alam Lumbini yang dibangun di atas lahan tiga hektar, semakin lengkap karena adanya menara yang menjulang tinggi seperti bekisar di sebelah kiri bangunan. Sedangkan bagian bawahnya terdapat sulur yang memiliki panjang 1,5 meter.

Namun, bagi kita yang tidak datang untuk beribadat harus tetap sadar diri bahwa kita datang ke tempat ibadat sehingga pakaian dan juga tingkah laku harus tetap dijaga serta tidak mengganggu kenyamanan bagi yang beribadat. Ada beberapa spot menarik untuk difoto selain di depan pagoda, misalkan saja jembatan sepanjang 20 meter menuju pagoda yang disebut dengan Titi Lumbini dan juga taman dan gazebo yang ditanamani bunga-bunga yang mekar dan ditata rapi.

Jika dilihat dari website resmi Garuda Indonesia, kamu dapat memilih terbang ke Medan mulai pukul 05.35. Datang lebih pagi, lebih baik karena kamu bisa lebih cepat menjelajah Medan. Setelah dari Taman Alam Lumbini lanjutkan perjalanan ke Danau Linting.

  1. Danau Linting
source: google


Dari Bandara Internasional Kuala Namu ke Danau Linting yang berada di Kecamatan Sinembah Tanjung Muda Hulu kira-kira dapat ditempuh dengan kendaraan pribadi sekitar dua jam. Sepanjang perjalanan menuju Danau Linting, kamu akan disuguhkan pesona dan udara yang sebjuk dari perkebunan kelapa sawit, pohon karet, dan juga kako. Sesampainya di Danau Linting, kamu diharuskan membayar retribusi tiket masuk Rp5.000,- saja. Pepohonan beringin yang besar dan kecil  serta rindang dimana akarnya memanjang hingga dua meter ke arah Danau berbentuk bundar menjadi pemandangan yang menenangkan hati. Misteri Danau Linting hingga sekarang belum ada yang mengetahui berapa meter sebenarnya Danau Linting. Pun begitu dengan warna airnya yang berubah-ubah terkadang warna hijau kebiru-biruan ataupun biru, dan hijau.

Air Danau Linting yang hangat menjadi tempat favorit untung pengunjung berendam karena sama sekali tidak ada bau belerang.  Namun, kalian hanya bisa berendam dipinggiran Danau saja. Jika ingin bersantai-santai, silakan sewa tikar Rp10.000 hingga Rp20.000 atau membeli makanan dan minuman yang berada di warung-warung sekitaran Danau. Menarik bukan?

Tak sabar ingin segera ke Medan? Sebagai perbandingan, harga tiket Garuda Indonesia memang lebih tinggi dibandingkan maskapai yang memiliki destinasi ke Medan seperti Sriwijaya. Namun, perjalanan dengan Sriwijaya dimulai pukul 06.05 WIB dengan keberangkaan dari Bandara di Jakarta. Jadi, sesuaikan kembali dengan kebutuhan dan bujet yang dimiliki. Jika bujet terbatas dan ingin berangkat dengan waktu lumayan santai, kamu dapat memilih reservasi tiket Sriwijaya.

  1. Pantai Pandan 
source: google


Ketika berada di Sibolga, sebaiknya sempatkan diri untuk datang ke Pantai Pandan yang hampir tidak memiliki ombak. Kita dapat tenang berenang ataupun bersantai di atas hamparan pasir putih yang lembut. Atau, jika hobi berfoto, kamu dapat mengambil background bukit yang cukup tinggi berada di sebelah kanan pantai. Warna air laut Sibolga hijau tosca dan cukup jernih. Sehingga kalian bisa berhati-hati untuk tidak menginjak karang. Dan yang penting, Pantai Pandan bebas dari sampah.

Berbagai fasiltas seperti penginapan, tempat makan, dan juga ruang bilas dan ganti sudah tersebar di pinggir pantai. Untuk menuju Pantai Pandan dari  Bandara Internasional Kualanamu kamu dapat melanjutkan dengan perjalanan darat atau langsung menuju ke Bandara di Sibolga (Ferdinand Loban Tubing) dari kota asal.


Maskapai yang menyediakan penerbangan ke Sibolga yakni pesawat Garuda Indonesia, dengan tarif mulai dari Rp1.400.000 hingga Rp1.600.000 langsung atau satu kali transit di Medan. Jika objek wisata yang akan kamu kunjungi lebih banyak di Medan, dapat memilih maskapai menuju Medan seperti Sriwijaya yang memiliki harga terjangkau. Dengan memiliki kocek sekitarRp650.000 an kamu sudah bisa reservasi tiket Sriwijaya.

So, gimana? Jadi pengen liburan kan? hohoho!

Thank you for reading, see you in my next random talks
XXO
Follow my blog to be updated on my new post!
 
IG @rayditaph - Twitter @rayditaa
Facebook Page: Elusive Enigma by Ray

DO NOT COPY & PASTE ANY CONTENT WITHOUT PERMISSION

You Might Also Like

0 comments

Hi Dolls! Silahkan tinggalkan komentar dibawah ya, saran dan masukan tentang blog ku (cara menulis, bahasa, photo or anything) will be much appreciated, thank you in advance :D

any rude, SARA, promotion or illegal comments will be deleted. thank you. // komentar kasar / tidak sopan, SARA, promosi / ilegal akan dihapus. terima kasih.

Kumpulan Emak Blogger

who doesn't love discount

INDONESIAN FOOD BLOGGER

INDONESIAN FOOD BLOGGER